“TOP PTN” atau “YANG PENTING PTN”

July 11, 2018

            Memasuki semester genap, sebagai kelas 12 pasti mulai sibuk. Yaps, sibuk buat mempersiapkan marathon ujian, hehe. Benar saja, karena memang di bulan-bulan ini banyak banget ujian yang harus dilalui oleh kelas 12. Sebenernya ga terlalu banyak sih, tapi mungkin karena terasa horornya itu yang membuat ujian itu seakan-akan banyak banget. Oke lanjut, memasuki kelas 12 pasti langsung terpikirkan untuk kuliah. Pertanyaan-pertanyaan pun bermunculan, dari yang bingung mau kuliah dimana lah, bakal ngambil jurusan apa lah, dan kira-kira kuliah biayanya gimana, mahal atau engga. Nah soal itu yang menurut gue emang harus dipikirkan secara matang-matang, terutama masalah jurusan. Karena jurusan itulah yang nantinya akan mengarahkan kita ke masa selanjutnya, yaitu dunia kerja. Meskipun emang ada sih yang pekerjaan ga sesuai sama jurusan pas kuliah. Tapi kalo menurut gue sih, hal itu jadi masalah kalo lo bukan orang yang suka belajar akan hal-hal baru. Tapi kalo lo suka belajar hal-hal baru, itu ga masalah.
            Dalam menentukan jurusan, selain karena soal pekerjaan di masa yang akan datang, tapi juga mengenai hal yang akan lo lakuin sebelumnya, ya kuliahnya. Maksudnya dalam menjalankan kuliahnya itu kira-kira lo bakal lancar atau engga, bakal bisa ngikutin mata kuliah (baca;semacam pelajaran) nya atau engga. Bukannya gue mau nakut-nakutin yaa dear, tapi gue hanya mengingatkan aja, karena kuliah itu ga segampang yang di ftv-ftv gitu. Maka dari itu, lo harus sesegera mungkin buat mencari passion lo yang sesungguhnya, sekedar saran, lo juga sering-sering deh buat nanya-nanya ke guru BK/BP.
            Sekarang masuk ke topik utamanya,  mending “top ptn” atau “yang penting ptn”. Ok, in my opinion, sorry banget kalo kita emang ga sependapat. Kalo menurut gue sih lebih baik pernyataan “yang penting ptn”. Karena yang pasti semua ptn itu ya mirip-mirip lah ya bayarannya, paling suasana aja sih yang beda. Apalagi buat lo yang emang pengennnn banget buat lanjut kuliah tapi lo juga lagi bingung gimana masalah bayarannya, kalo bisa sih nyari nya ptn yang paling kejangkau sama lo dan yang pasti dengan orang tua lo.
            Memiliki impian tinggi tuh boleh, boleh banget malah. Tapi yang harus lo inget adalah ketika lo emang pengen banget mendapatkan “top ptn” ya usaha lo buat mendapatkannya juga harus seimbang dengan yang lo inginkan itu. Misal, lo pengen lolos nih di fk ui atau ugm atau yang lainnya, tapi belajar lo masih males-malesan dan lo cuman belajar buat ada perlunya doang, misal kalo lo mau ulangan lo baru tuh belajar, nah itu tuh ga banget yaa temen-temen. Kalo lo pengen banget nih di top ptn, lo harus ubah cara belajar lo yang asal-asalan itu, pokoknya tanamkan di diri lo kalo belajar tuh ga ada ruginya sama sekali sekalipun lo ga ulangan esok harinya. Dan sekedar tips aja, kalo lo biasa belajar dengan menghafal, nah lo harus hijrah tuh dari ‘menghafal’ jadi ‘memahami’. Ya, lo harus paham konsep supaya lo bisa ngerti materinya, bukan hanya hafal.
            Jangan mengandalkan rezeki. Ya emang ya rezeki itu udah ada yang ngatur, tapi jangan mentang-mentang begitu, usaha lo jadi ga ada sama sekali. Allah tuh ga akan merubah nasib suatu kaum kalo bukan kaum itu sendiri yang merubahnya. Kalo lo cuman ngandelin rezeki, dikhawatirkan adalah ketika lo keterima di top ptn tapi kemampuan lo tuh ga sesuai, seperti yang udah gue bilang dari awal kalo kuliah itu tidak semudah di ftv, so lo bisa aja tuh berhenti ditengah jalan. Dan lo harus inget kalo saingan di top ptn itu pasti berat, dan sebenernya di ptn yang ga nge-top pun saingannya berat, apalagi top ptn. Kecuali lo mau merubah itu semua dengan usaha lo sendiri.
            Ok, sekian dulu dari gue, semoga blog gue ini membawa manfaat nan barokah aamiin. Dan semangat buat yang mau kuliah, jalan lo masih panjang dan banyak jalan menuju impian-impian lo itu yang penting cara lo itu adalah cara yang baik, bukan apa-apa, soalnya menurut gue keberkahan itu penting banget buat diutamakan. Sukses selalu temen-temen !!! keep trying and never give up !!! find your passion J

You Might Also Like

2 Comments

Popular Posts

@silvyabudiharti