“Hidup gue kok gak guna gini sih?!”

February 15, 2020



Aku adalah orang dengan tipe-tipe gampang mengeluh. Tapi, sebenarnya mengeluh itu adalah sifat alami manusia ketika mereka mengalami suatu hambatan. Jadi, mengeluh itu boleh, asal tidak berlebihan dan tidak dilakukan secara terus menerus. Mengeluh-ngeluh kecil dan hanya dilakukan sepersekian alias sekilas aja.

Kalau lagi banyak masalah dan merasa super hectic tapi ternyata gak produktif alias “kok gue daritadi sibuk banget, tapi kayak gak ada hasilnya, ya?!” atau ada momen di mana diri ini mikirin, “Gue selama ini udah berkontribusi apa ya, kok gue gak guna ya, gak ngasih impact ke orang-orang?!”. Ditambah momen saat kita merasa tersisihkan atau tersudutkan di antara banyak orang, dan sama, di momen itu juga buat mikir apakah diri ini emang gak baik sama sekali ya, sampai merasa gak berguna atau gak dibutuhkan.

Ternyata, yang pernah mikir kayak begini bukan hanya aku sendiri aja, tapi pas ngobrol sama beberapa teman dan bercerita tentang keluh diri yang merasa gak berguna ini aku jadi tahu kalau bukan aku aja yang mengalami, tapi semua teman yang diajak bercerita pun mengalami hal yang sama.

Jadi, emang apa sih peran kita?

Awal nulis ini karena iseng baca tulisan lama yang waktu itu diperuntukkan untuk tugas tentang pemberian nama  (bisa baca di sini). Di tulisan lalu itu, aku menulis kalau setiap nama yang diberikan itu pasti yang terbaik dan terdapat makna yang baik. Setiap orang memiliki nama yang berbeda-beda, berarti makna dari nama tersebut pun beda-beda. Menurutku itu sebuah analogi yang kalau kita artikan berarti artinya peran hidup kita setiap manusia itu beda-beda. Sebenarnya dalam berperan kita hanya perlu mengambil langkah baik apa yang hendak kita lakukan, gak perlu repot-repot memikirkan langkah besar yang bisa memberi dampak baik ke orang banyak, tapi peran atau manfaat hidup kita bisa dimulai dengan langkah kecil yang awalnya hanya berdampak ke diri kita sendiri.

Contoh kecilnya misalnya ketika kita selalu menjaga kesehatan, akhirnya kita jadi tidak rentan sakit, dan kita bisa melakukan banyak aktivitas seperti pekerjaan, kumpul sama teman untuk cerita-cerita, dan lain-lain.

Sadar gak sih, dari jaga kesehatan yang tujuannya untuk diri sendiri supaya sehat, eh ternyata bisa kasih efek juga ke pekerjaan kamu yang lancar dan pasti buat tim kerja kamu lebih mudah. Lalu pas sehat juga bisa kumpul bareng teman dan mendengar cerita mereka, yang siapa tau emang lagi butuh untuk didengar dan bisa meringankan masalahnya.

Contoh kecil lain dan akan mendatangkan manfaat besar adalah buang sampah pada tempatnya. Nah loh, pada suka buang sampah gitu aja gak? I mean, kayak kalian megang sampah dan sambil jalan dibuang begitu aja sampah yang kalian pegang? Heheh. Heran, sebenarnya udah pada tau manfaat buang sampah pada tempatnya tapi masih banyak yang gak nerapin dalam kehidupannya. Padahal, dari buang sampah di tempatnya, itu bisa mencegah bencana alam tahunan seperti banjir. Asal, banyak orang yang melakukannya (buang sampah pada tempatnya). Pasti akan terasa di diri kita kalau lingkungan yang kita tinggali itu bersih. Ujung-ujungnya, tubuh kita juga jadi lebih sehat.

Dari hal-hal kecil sebenarnya bisa kok, peran apa aja, asal itu baik dan gak merugikan orang lain. Gak harus untuk dampak besar atau luas, tapi bisa dimulai dari circle pertemanan kamu atau diri kamu sendiri.

Jangan pernah minder hanya karena kamu merasa belum berperan, tapi coba berpikir atau merefleksikan diri, kira-kira hal apa yang sudah aku lakukan hari ini dan baik gak atau engga. Yang penting, mulai aja dulu dengan hal-hal kecil seperti contoh di atas atau hal-hal kecil lainnya. Pilih peranmu, mau yang mana, tapi jangan berharap akan berbalas. Lakuin saat kita ingin melakukannya, tanpa pikir balasannya. Cheers!

source of background: pinterest.com



You Might Also Like

2 Comments

Popular Posts

@silvyabudiharti