Kenalan dengan IDN App: Fitur dan Kelebihan IDN App, Ada Apa Saja?

August 02, 2020


cr: pixabay.com
Apa kalian suka membaca artikel? Baik untuk mencari tip dan trik atau informasi lainnya. Kalau iya, apa pernah mencoba untuk membaca artikel di aplikasi IDN Times?

“Emang ada aplikasi IDN Times? Kayaknya aku taunya IDN Times tuh nama website, deh.”

Memang, kebanyakan orang tidak asing dengan nama IDN Times, nama salah satu website yang menyediakan berbagai artikel, baik itu tentang tip dan trik atau informasi lainnya dengan topik yang bervariasi. Namun, mungkin hanya sebagian atau bahkan beberapa saja yang tahu bahwa IDN Times juga memiliki aplikasi.


Fitur IDN App

Berbeda dari website-nya – yang hanya menyediakan artikel-artikel, aplikasi IDN Times menyediakan berbagai fitur yang tidak terdapat di dalam website-nya. Tentunya, fitur yang disediakan lebih banyak dan juga memiliki kelebihan. Apa saja fitur-fitur tersebut?

Mau nulis artikel tapi bingung di mana? Bisa coba nulis di aplikasi IDN Times

Untuk teman-teman yang gemar menulis tapi bingung mau di-publish melalui media apa, kalian bisa coba untuk mengunduh IDN App di Play Store atau App Store. Di aplikasi ini, teman-teman tidak hanya disuguhkan bacaan dari berbagai topik saja, tetapi sekiranya kalian punya ide atau kalian berpikiran, “hm, kayaknya topik ini belum ada, deh”, kenapa gak coba buat bikin tulisan kalian sendiri? Siapa tahu ada pengguna aplikasi IDN Times lain yang juga mencari tulisan dengan topik tersebut.

Untuk mulai menulis, kalian cukup klik tanda “+” yang terdapat pada bagian tengah bawah tampilan aplikasi IDN Times seperti yang di bawah ini. Selamat brainstorming!

langkah-langkah menulis artikel di IDN App

Punya keresahan dan ingin bertanya dengan orang baru? Tenang, karena ada fitur QnA di aplikasi IDN Times

Ya, di aplikasi IDN Times, kalian bisa menanyakan hal-hal yang kalian inginkan. Sebenarnya aku adalah pengguna baru aplikasi IDN Times, dan gak disangka karena memang ketika mengunduh aplikasi ini aku gak ekspetasi dan berpikir ada fitur QnA ini. Ternyata, kita bisa bertanya tentang apapun dan akan dijawab oleh member lain.

Gak hanya bertanya, bahkan kalau kalian ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab juga bisa, kok. Pertanyaan beserta jawaban yang diberikan gak harus dengan kata-kata yang formal, karena bisa dibilang kalau forum pertanyaan di aplikasi ini merupakan forum yang santai. Jadi bisa dijawab dengan gaya bahasa dan pengetikan kalian, it’s up to you.

Pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan member lain bisa kalian lihat di bagian yang terdapat pada gambar di bawah ini.



Mau baca artikel? Sudah pasti ada di sini!

Seperti namanya, IDN App - aplikasi baca berita, di aplikasi ini kalian bisa membaca artikel-artikel yang topiknya sesuai dengan keinginan kalian, hal sama yang juga bisa kalian lakukan di website IDN Times.

Di awal setelah melakukan registrasi untuk menjadi member aplikasi ini, biasanya akan muncul tampilan yang berisi nama dari macam-macam topik yang tersedia di aplikasi IDN Times. Setelah itu, untuk melanjutkan proses registrasi, teman-teman harus memilih beberapa topik yang merupakan kalian minati. Nantinya, artikel-artikel yang mucul di beranda akan sesuai dengan apa yang sudah dipilih ketika registrasi.

Penasaran dengan topik lain? Gak usah khawatir karena kalian bisa menambahkan topik pilihan kalian. Cukup klik pada bagian “explore” seperti pada gambar di bawah ini.




Kelebihan alias “Poin Plus” dari IDN App

Selain fitur-fitur tersebut, aplikasi IDN Times ini juga memiliki beberapa kelebihan atau bisa dibilang ini merupakan “poin plus” yang bisa kalian rasakan jika menggunakan aplikasi ini. Apa sajakah “poin plus” nya? Here we go!

Nulis, nulis, nulis.. eh, jadi cuan!

Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, kalau di IDN App selain bisa membaca artikel, kalian juga bisa membuat tulisan tentang topik tertentu di aplikasi ini. Nah, ternyata jika kalian rutin dalam membuat artikel, itu akan menghasilkan poin yang bisa di-redeem menjadi uang tunai.



Namun, untuk bisa menghasilkan uang dari menulis gak bisa semudah itu, ya. Tentunya teman-teman harus terus konsisten dalam membuat artikel. Saranku, sebaiknya ketika kalian menulis di IDN App ini, jangan berekspetasi dan terlalu berharap untuk mendapatkan penghasilan. Karena nantinya teman-teman gak akan enjoy dalam menulis. Urusan cuan biar jadi nomor sekian, yang penting kalian menikmati dalam prosesnya. Untuk yang gemar menulis, anggap ini menjadi ajang latihan dalam belajar menulis.

Kuncinya: gak berekspetasi, konsisten, dan enjoy!

“Kalau nulis artikelnya gak bener gimana?” Gak perlu ragu, karena akan ada feedback-nya alias bisa direvisi.

Masih nyambung dengan pembahasan “poin plus” sebelumnya, anggap aja lagi belajar nulis. Ya, karena dengan menulis di IDN App, kalian memang benar-benar belajar menulis. Gak semua tulisan bisa dengan mudah di-approve dan harus melewati beberapa tahap. Jadi jangan bingung kalau sehabis kalian menulis dan tulisan kalian gak muncul di beranda. Tahap yang harus dihadapi: revisi. Proses revisi ini nantinya akan dilakukan oleh pihak IDN App. Kalau artikel kalian ternyata harus direvisi, maka kalian bisa mengeceknya pada “artikel revisi” seperti yang terdapat pada gambar di bawah ini.



Dari hasil revisi tersebut, pastinya kalian akan banyak belajar bagaimana jenis tulisan yang di-approve di aplikasi ini. Karena adanya proses revisi, kalian gak perlu overthinking dan ragu dalam menulis artikel serta submit tulisan. Mulailah menulis apapun yang ada di kepala kalian, tanpa takut salah. Karena setiap kesalahan pun masih bisa diperbaiki dan terus diperbaiki.

Suka berburu info-info promo, kompetisi atau event-event tertentu? Kalian bisa cek di IDN App.

Gak hanya seputar bacaan-bacaan artikel, di aplikasi ini juga kalian bisa mendapatkan info-info promo dan kompetesi. Promo yang ditawarkan juga terbilang lumayan. Biar gak salah paham, promo yang ditawarkan biasanya gak begitu saja, tapi terdapat challenge untuk mendapatkan promo tersebut, contohnya seperti yang terdapat pada gambar berikut.


Kalau kalian ingin produktif, di IDN App juga menyediakan beberapa info mengenai kompetisi tertentu, ada apa saja? Kalian bisa cek langsung di IDN App.
---

Itulah tadi fitur-fitur dan kelebihan alias “poin plus” dari IDN App. Kalau penasaran ingin merasakan langsung bagaimana menggunakan aplikasi ini, silakan unduh IDN App di Play Store atau App Store dari smartphone kalian masing-masing. Kalau sudah pakai, bisa bagikan pengalaman kalian dalam menggunakan IDN App ke teman-teman kalian.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih, cheers!


You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

@silvyabudiharti