Pola Rahasia untuk Kita yang Banyak Keinginan

September 02, 2019




Kali ini, aku mau berbagi kebahagiaan. Bagiin cerita sih sebenernya, tapi ini bikin bahagia sekaligus gak ngerti. Mengutip sedikit tulisan dari buku NKCTHI, “Banyak hal yang setelah dilepaskan baru hadir.” Yang ternyata memang benar adanya. Dulu, pertama kali baca buku itu dan sampai di bagian itu, aku gak ngerasa gimana-gimana, belum keklik. Tapi setelah ada kejadian-kejadian yang polanya seperti itu terjadi di hidup aku, aku jadi yakin kalo itu mungkin emang cara semesta bekerja.




Cerita pertama, di bulan Juli lalu aku iseng ikutan give away yang aku tahu dari beranda instagram. Setelah ikutan, dan akhirnya tiba waktu pengumuman, Alhamdulillah nama aku disebut sebagai pemenangnya. Yang ini pemenangnya satu orang untuk satu waktu give away. Tapi, dibalik semua rasa seneng itu, ada proses yang gak aku lupain. Jadi, rentang waktu antara give away dan pengumuman itu lamaaaaa bangett. Tadinya, aku mikirnya mungkin give awaynya gak jadi kali ya, jadi gak diumumin. Tapi, ternyata gak lama dari itu, give away diumumkan dan nama aku yang ada di sana. Seneng, iya. Tapi masih ada khawatirnya. Jarak waktu pengumuman ke konfirmasi pengiriman ternyata lama, hampir sebulan. Awal-awal kelabakan bingung, “ini jadi gak sih buku teh?” karena dari awal pengumuman udah ‘terlalu’ seneng, jadi pas ada kendala dikit down, padahal cuma give away, sodara-sodara. Sampe akhirnya ku pasrah aja, ya namanya give away ya, bukan beli, jadi kalo emang gak jadi, ya wajar aja lah. Dan, jeng jeng jeng, tau-tau dapet DM dari penyelenggara give awaynya kalau paket buku sedang dikirim. Sampai akhirnya, buku itu mendarat dengan selamat.



Cerita kedua. Jadi, selama nunggu buku give away sebelumnya, aku nemuin lagi yang ngadain give away buku. Give away yang diadakan oleh salah satu platform belanja online gitu. Nah, ikutan lah waktu itu. Seminggu kemudian pengumuman, dan Alhamdulillah aku dapet give awaynya (lagi). Lalu konfirmasi gitu kalau aku menang dan kita dikasih informasi kalau buat ngambil hadiahnya harus melalui link atau aplikasi platform tersebut dengan menggunakan kode tertentu.

Nah, dari sini lah masalah muncul. Jadi, ada batas waktu buat pengambilannya, kurang lebih dua minggu. Sedangkan aku baru nyoba buka link itu h+4 setelah pengumuman. Aku rada santai saat itu, aku pikir teknisnya akan gampang kayak belanja online biasa. Setelah nyoba, dan ngutak-ngatik yang ada, ternyata kode yang dikasih gak bisa digunakan. Duarrr, langsung bingung deh. Mau ngeluh sama siapa, ku bingung. Akhirnya aku iseng DM instagramnya platform tersebut, tapi gak berharap dibales, soalnya jarang-jarang kan dibales sama akun kayak gitu. Eh, ternyata dugaan ku salah, dibales lah itu DM meskipun lama. Akhirnya aku mikir kalau tiap bales lama kayak gini ntar keburu waktu give awaynya habis. Setelah itu, aku coba kirim email ke customer servicenya, berharap akan dapet respon. Dan, ternyata diemail balesnya lebih cepet. Jadi, sejak hari itu aku jadi sering saling email ke platform belanja itu. Berbagai kendala yang aku hadapin tiap aku nyoba ngambil hadiahnya itu aku keluhkan berulangkali ke pihak customer servicenya. Sampe aku udah putus asa banget, udah pasrah, mungkin emang belum milik aku buku ini, mungkin nanti mau dikasi rezeki yang banyak biar bisa beli buku ini yang menurut aku gak murah. Tapi, kali itu aku penasaran, mau nyoba sekali lagi, kalau sampe gak bisa yaudah. Bahkan aku sampe ngirim email ke platform itu yang intinya kalau emang udah gak bisa diambil dan gak ada solusi, gakpapa gak jadi juga hadiahnya. Sepasrah itu.


screenshot email

Tapi mungkin emang aku harus sabar dan pasrah dulu kali, ya. Percobaan terakhir yang udah aku pasrahin ternyata berhasil, ya BERHASIL. Jadi, hadiah itu emang rezeki aku. Dan besoknya, buku udah sampe di rumah.


Cerita ketiga, sekaligus terakhir dalam tulisan ini. Beberapa waktu lalu aku dan temen-temen seangkatan di prodi yang sama dibuat heboh sama perombakan kelas. Bayangin, udah susah-susah adaptasi (ya, buat aku adaptasi itu susah bukan main), udah akrab juga, udah nyaman bareng temen sekelas tiba-tiba mau dipisah, dan beritanya juga mendadak. Sedih banget di situ meskipun baru kabar. Lebih-lebih, akhirnya disebar daftar absen kelas yang baru + DPA setiap mahasiswa, udah kayak dapet geledek pas siang bolong. Udah ngebayangin aja pas masuk kelas dan di kelas ketemu mereka yang bukan biasa aku temuin di kelas. Ngebayangin betapa awkwardnya suasana kelas dan diri aku sendiri menghadapi orang-orang yang berbeda. Positifnya mungkin akan nambah temen, tapi tolong ngertiin kalau adaptasi gak semudah ngedipin mata. Sedih, semua sedih. Sampe hari dimana masih ada beberapa yang sedih, dan ada yang memilih pasrah, ikhlas. Kalau aku mungkin berada di tengah-tengah mereka. Sedih, tapi juga pasrah. Dan ketika udah pasrah dan gak berharap akan diubah lagi, ternyata ada kejutan lain. KELAS KEMBALI KE SEMULA. Artinya udah gak ada lagi perombakan kelas, tapi yang ada cuman wali dosen yang bukan perkelas lagi. Seneng banget di situ, dan ngeliat respon temen-temen lain pun mereka pada bahagia, setelah status di whatsapp penuh sama yang sedih-sedihan, akhirnya berganti sama yang bahagia. huhu


Dari tulisan ini aku bukan cuma pengen cerita-cerita aja. Bukan. Bukan mau pamer kebahagiaan juga, bukan. Bukan mau pamer dapet give away juga, bukan. Tapi aku mau kasih tau ke temen-temen yang baca tentang benang merah dari cerita itu semua. Apa mungkin temen-temen ada yang nemu benang merah ceritanya?

Jadi, dari habis kejadian-kejadian yang menurut aku menakjubkan dan ajaib itu, aku yang emang orangnya overthink ini terus mikirin cerita-cerita itu. Sampe aku nemu benang merah, satu kesamaan dari cerita-cerita ini, yaitu kutipan dari buku NKCTHI di awal, “Banyak hal yang setelah dilepaskan baru hadir.”

Sadar gak sih di setiap kejadian, setiap masuk di fase pasrah dan nyoba melepas keinginan, mulai hadiah dari give away sampe keinginan sekelas sama temen-temen semula, justru keinginan-keinginan itu semua malah terwujud setelah aku udah gak banyak harap dan pasrah. Jadi mikir, apa setiap punya keinginan harus selalu begitu? Ingin, dapet hambatan, lalu pasrah, gak berharap, lalu datang keinginan itu. Apa emang polanya selalu begitu?

Apa temen-temen yang baca punya cerita yang mirip sama cerita ini? Mirip polanya. Yuk share di kolom komentar, sangat senang bisa baca cerita-cerita kalian. Thank you!

*yang baca sampai akhir, kalian hebat, karena udah baca 983 kata




You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

@silvyabudiharti