Self-reflection: manusia dan keserakahannya

December 02, 2020




Hari ini kita mengharap dapat X, keesokannya kita dapat X tapi kita juga meminta Y, lalu dapat Y dan mengharapkan Z juga, begitu seterusnya. 

“aku dapet yang ini juga gakpapa” 

Lalu besoknya, “yah, coba dapet yang itu juga.” 

Ya begitulah, kita selalu pengen dapat semua keinginan. Padahal, dalam hidup kita hanya diberikan beberapa pilihan, yang gak terpilih merupakan hal yang antara bukan milik kita atau itu milik kita tapi belum waktunya. 

Ternyata, manusia gak selalu bisa mendapatkan beberapa pilihan sekaligus dalam satu waktu. Di hari ini dapat A, mungkin baru nanti entah kapan kita baru dapatkan B. Hal-hal itu seperti sedang mengantre untuk dijemput oleh yang memang harus memilikinya atau merasakannya. Tapi ada waktu di mana beberapa keinginan datang dengan rentang waktu yang berdekatan, saat itu aku bilang, “ok, mungkin ini emang udah waktunya setelah kemarin gagal.” 

Senang? Tentu 

Tapi, ada hal yang kelewat begitu aja, yaitu konsekuensi. 

Seperti halnya antara uang dan waktu, kita gak mungkin dapat keduanya. Kita kerja keras supaya punya uang yang banyak misalnya, tapi karena kita kerja terlalu keras, kita kehilangan banyak waktu untuk menikmati hari. Sedangkan kalau luntang-lantung aja alias nganggur (gak berlaku kalo udah punya uang dari sananya), mungkin kita akan punya waktu yang banyak, tapi kebutuhan hidup gimana? 

Sama halnya dengan uang dan waktu, hal-hal lain juga begitu, gak bisa kita pilih semuanya, harus ada satu hal yang dikorbankan. 

Kayak beberapa waktu lalu, pas liburan aku pikir kalau punya income setiap bulannya walau gak seberapa kayaknya lumayan, bisa buat A, B, atau C. Misalnya ikut workshop atau webinar yang memang sesuai interest, kadang pengennn banget ikutan tapi gak ada duitnya, hehe. Sekarang, Alhamdulillah ada income, cukuplah kalau buat biaya sekali kalau lagi pengen ikutan semacam workshop dll, tapi malah waktunya yang jadi gak ada. 

Semua itu emang pilihan. Kalau bisa dapet semua dalam satu waktu mungkin itu keajaiban atau ternyata ada konsekuensi lain yang belum muncul di permukaan. Semoga apapun yang kita pilih ataupun yang terpilih buat kita gak akan sering meninggalkan penyesalan. Kalaupun ada penyesalah, yaudah belajar aja, let the time shows us

Lega akhirnya bisa cerita tentang hal ini. Terima kasih yang sudah membaca, semoga hari kalian menyenangkan. Stay healthy and cheers! 🌻

You Might Also Like

1 Comments

  1. pendapat yang keren.... makasih udah membuat aku mengerti tentang rasa bersyukur.

    ReplyDelete

Popular Posts

@silvyabudiharti