(kita) Sombong

August 20, 2018


Ketika aku baru mau tidur padahal itu udah tengah malem banget dan orang rumah udah pada tidur + di luar rumah udah sepi banget, dan disitu aku khawatir kalo bakal ada orang yang maling ke rumah aku (agak lebay emang). Terlebih, malam itu aku habis main laptop di ruang tamu sendirian tapi hordeng atau gorden entah apa itu nama benernya gak aku tutup. So, aku mikirnya langsung kemana-kemana. Mulai dari : “jangan-jangan tadi ada orang yang ngintai terus mau maling laptop gue lagi.” Dsb. Dan akhirnya aku memutuskan buat cepet-cepet beresin laptop terus langsung tidur.
Tapi aku gak bisa langsung tidur dan masih kepikiran tentang ketakutan aku itu bakal terjadi atau engga. Tapi ya lama-lama ketiduran juga, hehe.
---------
Keesokan harinya, bangun tidur, mandi, solat dst dan langsung liat barang di rumah ada yang hilang atau engga (se-lebay itukah gue) dan alhamdulillah gak ada yang hilang. Siangnya, sambil nge-gabut gak tau kenapa tiba-tiba terlintas lah di otak aku tentang titipan barang yang harus aku selesaikan. Dan jadi inget, kalo apapun yang ada di dunia ini tuh hanyalah titipan dari Allah SWT. Dan andai ada barang kita yang hilang itupun atas kehendak-Nya, ya istilahnya mah yang punya mau ngambil titipannya, kaya kita nitip motor di penitipan, pasti bakal kita ambil pas kita mau pulang, dan si abang penitipan bisa rela gitu aja kita ambil motor kita, ya iyalah karena si abangnya tau kalo itu bukan punya dia, jadi wajar kalo diambil yang punya, dan dia juga rela karena dia tau dia bakal dapet imbalan karena udah mau dititipin motor, ya, imbalannya berupa uang. Korelasinya, Berarti jatah kita buat dititip barang itu udah berakhir, semua ada masanya, kalaupun hilang pasti akan digantikan dengan yang lebih “pas” buat kita, layaknya abang penitipan yang digantikan atau dikasih imbalan uang.
Dan dari situ inget deh tentang kejadian semalem. Kejadian dimana aku takut banget kalo laptop ku dimaling. Dasar manusia. Rasa memiliki nya itu terlalu tinggi, sampe-sampe lupa kalo itu semua cuman titipan-Nya. Saking lupanya, ketika kita bisa mendapatkan barang tersebut maka kita merasa “ini hasil gue” dan seakan-akan Allah gak berperan dalam pencapaian kita dalam mendapatkan barang tersebut. Itu saking lupanya. Tapi kalo pas benda itu hilang, barulah kita sadar. Iya, baru deh inget Allah. “Ya Allah, kenapa bisa begini..” dan ungkapan-ungkapan lainnya ketika kita kehilangan sesuatu.
Dan itulah “kita”, sebagai manusia yang sering inget Allah pas susah. Pas seneng, sombong, jadi lupa.
#selfreminder

You Might Also Like

2 Comments

  1. Hihi. That's happen too to myself, it's called "overthink". That's annoying though, I would check my door twice (at night) to made sure that it's been locked, wkwk.

    Anyway, you've got a method to overcome it. Perhaps I would try it for myself too. ありがとう。

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata bukan hanya gue yg ngalamin hal ini, wkwk. Gue pun masih belajar to overcome it. I'm glad to know that you will try this method :)

      Delete

Popular Posts

@silvyabudiharti