Pada Senja yang Membawamu Pergi karya Boy Candra (REVIEW)

March 12, 2020




Setelah sekian lama gak baca novel, apalagi romance, akhirnya kesampaian juga buat baca novel romance. Novel-novel karya Boy Candra memang dikenal dengan genre romance-nya.

Bercerita tentang seorang anak rantau dengan ketiga sahabatnya yang tengah kuliah di Padang, yang saling menyemangati satu sama lain dalam mengejar mimpinya. Cerita saling menyemangati yang paling terasa menurutku ketika mereka berempat harus menghadapi skripsi. Di sisi lain, selain berkuliah, mereka berempat pun mempunyai cerita cintanya masing-masing.

Di novel ini, seperti yang sudah ditulis sebelumnya, penulis gak hanya menceritakan kisah cinta tokoh utamanya saja, melainkan terdapat beberapa kisah percintaan lain dalam novel tersebut yang juga dijelaskan sampai akhir bagian novel ini. Mayoritas kisah percintaannya adalah kisah-kisah yang memang sering hadir di kehidupan kita sehari-hari.

Beralur maju, dengan berlatarkan kota Padang, jadi kita pun diajak oleh penulis untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di daerah Padang dan sekitarnya serta beberapa kebudayaan di sana... tentunya dalam imajinasi, ya.



Tak ada gading yang tak retak... ya, kayak novel ini.

Menurutku, ending dari buku ini terlalu buru-buru, dan di akhir masih terasa menggantung (mungkin pandangan orang lain akan berbeda). Lalu, ada bagian yang menceritakan kisah cinta yang menurutku terlalu menye-menye, + alurnya yang gampang ditebak. Masalah alur, mungkin itu karena aku biasanya ketemu novel-novel yang alurnya plot-twist, jadi untuk novel ini aku gak begitu merasa istimewa.

Tapi, dari buku ini banyakkk pelajaran yang bisa diambil, baik itu dalam hal kuliah seperti menghadapi skripsi ataupun dalam soal percintaan. Masalah cita-cita (bukan cinta-cinta :v) juga dibahas di novel ini; seperti kenapa kita memilih buat jadi A, sedang kita bisa aja jadi B yang mungkin notabenenya pekerjaan B akan menghasilkan pendapatan yang lebih banyak. Di novel ini juga, penulis mengajak kita untuk selalu bergerak dan berusaha, serta mencintai bangsa kita, Indonesia. Dan menurutku, cara penulis mengajak kita untuk mencintai Indonesia, terutama bahasanya, itu sangat sampai pesannya ke pembaca.



Itulah tadi sekilas ulasan singkat novel Pada Senja yang Membawamu Pergi karya Boy Candra ini. Maaf mungkin review-nya masih abal-abal karena buatnya hanya sotoy dan iseng aja biar gak lupa sama buku yang udah dibaca. Buat teman-teman yang belum membaca novel ini dan pingin beli bukunya, bisa dicek di toko buku terdekat apakah masih ada atau engga, soalnya ini cetakan tahun 2016, jadi agak ragu juga apakah masih ada keberadaannya. Tapi kalau ebook-nya masih ada di google play book (kalau gak salah).

Terima kasih yang sudah membaca, doain aku biar bisa ngulas buku yang lain lagi (minta doa aja, kalau yang lain susah). Cheers!

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

@silvyabudiharti