Pelajaran kemarin : baik itu beragam

November 29, 2018


Ini cerita siang kemarin, cerita aku yang nyaris ketabrak kereta listrik. Hari itu, aku mendapat pesan whatsapp group, ternyata itu grup wa kelas dan isi pesannya adalah ada jadwal mendadak buat ganti kelas salah satu mata kuliah nanti siang, tepatnya sesudah zuhur. Jadwal berangkat kuliah yang biasanya sore, tapi hari itu aku harus berangkat siang dengan alasan tersebut.

Di perjalanan menuju kampus, emang ada rel perlintasan kereta yang biasanya aku lewatin. Dan di rel kereta itu gerbang penjaganya manual, gak seperti gerbang-gerbang rel kereta yang lain, yang ketika kereta akan lewat dia langsung auto nutup. Jadi, yang nutup gerbang penjagaan kalo mau ada kereta lewat ya bapak-bapak yang emang biasanya bertugas di situ. Entah sukarela atau engga, meskipun pekerjaan itu keliatannya sepele, gak berduit, tapi kalo gak ada bapak-bapak petugas itu gak kebayang gimana ruwetnya jalan di sekitar rel dan bisa aja banyak orang yang kecelakaan.

Dan siang itu, seperti biasanya, aku pasti ngelewatin rel itu. Pas aku nyampe di rel itu, pas banget gerbangnya lagi nutup, berarti ada kereta yang mau lewat. Dan bapak-bapak petugas itu ngelakuin tugasnya dengan siaga. Gerbang relnya bener-bener dijagain. Setelah beberapa lama, keretanya lewat juga akhirnya. Sehabis keretanya lewat, dibukalah gerbang relnya sama bapak-bapak itu. Karena udah dibuka, aku langsung tancap gas, mulai melaju. Nah, belum maju seberapa, ya kira-kira masih di depan gerbang rel itu, tiba-tiba bapak-bapak itu nahan motor aku. Aku langsung kaget. Pikiran udah suudzan aja. Dan ternyata, bapak-bapak itu mau nolongin aku karena tiba-tiba ada kereta yang mau lewat juga dan itu udah hampir banget nambrak, ya maklum, karena bukan rel otomatis jadi kurang koordinasi gitu.

Pikiran yang awalnya udah suudzan ini langsung melted seketika pas tau ternyata maksud bapak itu baik, menolong aku. Karena merasa terciprat sebuah kebaikan, aku seneng, terharu. Terharu banget karena ternyata masih ada orang-orang baik itu. Kami bukan keluarga, saudara, atau apalah itu, karena kami kenal juga engga. Dari kejadian itu, aku jadi banyak belajar.

Perihal berbuat baik. Bukan hanya orang-orang tertentu yang bisa memberi kebaikan. Dulu, aku pikir berbuat baik ya hanya sekedar sedekah atau infak, jadi yang bisa memberi kebaikan hanya orang-orang yang punya harta berlebih. Tapi ternyata semua orang bisa melakukannya. Dari sederet perjalanan hidup dari kecil sampai sekarang ini, ditambah kejadian siang itu, aku jadi semakin yakin, kalo berbuat baik alias untuk memberikan kebaikan ke sesama itu ada banyak cara, gak sekedar ngasih sedekah atau infak. Aku yang kemarin dapet kebaikan, ngerasain banget impact dari hal itu. Jadi buat hari kita tuh lebih fresh seketika dan ngerasa positif banget. Sebesar itu ternyata impactnya dari mendapatkan kebaikan. Bisa dibayangin kalo semakin banyak orang-orang yang menebar kebaikan, semakin banyak orang-orang yang hidupnya positif, bahagia.

Selain itu, pembelajaran lain yang aku dapet adalah kalo mau berbuat baik itu gak butuh alasan. Gak peduli keadaan kita gimana, karena nyatanya kebaikan itu beragam. Mulai dari senyum ke temen-temen, bantuin orang nanya jalan, dan hal yang aku dapetin dari kejadian kemarin. Di luar itu, masih banyak kebaikan lain yang bisa kita lakukan, kita berikan.

Pada intinya, kebaikan itu ada banyak, buat melakukannya bisa apa aja, bisa kapan aja, bisa di mana aja dan bisa siapa aja. Karena terlalu banyak bentuk kebaikan. Sebaik itu Allah sama kita, Dia udah ngasih kesempatan hamba-Nya buat melakukan kebaikan, sebenernya sih berbuat baik itu harus, karena saking gampangnya. Percaya deh, ketika kita melakukan kebaikan, sekecil apapun kebaikannya, pasti kebaikan-kebaikan yang lain akan menghampiri kita dari arah yang gak terduga.

Add caption
Tetap berbuat baik meskipun orang gak pernah liat kebaikan kita, karena cari perhatian ke manusia itu gak penting. Yang penting, kebaikan kita dilihat sama Allah, cari perhatiannya sama Allah, karena gak akan rugi. Yakin. Be kind, be positive.

You Might Also Like

0 Comments

Popular Posts

@silvyabudiharti